• Krajan RT 02 RW 02 desa Karanggedang
  • desa_karanggedang@karanggedang-purworejo.desa.id
INFO
  • Selamat Datang Di Website Desa Karanggedan, Bruno

KKN-PPM UGM Adakan Seminar Meraih Mimpi di SDN Karanggedang

17 Agustus 2019 Administrator Berita Desa

 

Orang tua dan guru memiliki tugas untuk mendidik dan membimbing anak tanpa mendikte. Masa depan anak menjadi harapan bangsa pada generasi muda. Memiliki cita-cita dengan perencanaan (planning) yang matang setidaknya sudah setengah jalan keberhasilan. Namun lebih penting dari itu adalah menjaga nilai positif pada anak-anak dari sebuah cita-cita, bukan semaata profesi.

Oleh karenanya, tim KKN-PPM UGM periode II tahun 2019 mengadakan Seminar Meraih Mimpi di SDN Karanggedang pada Senin, 29 Juli 2019. Acara dilakukan dalam dua sesi berbeda, yakni pagi hari untuk murid kelas 5 dan 6 sejumlah 23 murid, kemudian sesi siang untuk orang tua serta guru SD, TK, PAUD dan Komite Sekolah. Pemateri diisi oleh Bapak Isnan Hidayat, M. Psi., sebagai bentuk kerjasama dengan konsultan psikologi Peta Kehidupan.

Disampaikan bahwa kerja keras, berani berbeda, dan konsisten adalah rumus meraih kesuksesan. Murid-murid diingatkan dan diajarkan untuk tidak menertawakan cita-cita orang lain, apapun itu. Selain itu juga dilakukan sesi menghitung waktu aktivitas dan bermain, pesannya bahwa cita-cita tidak akan tercapai jika lebih banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Kemudian pada sesi kedua para undangan begitu antusias mendengarkan materi. Disampaikan berbagai cerita dan data, diantaranya tentang keberadaan ayah yang seperti tiada serta dampak negatif akibat ketidak-dekatan anak dengan ayah sebagai peran pelindung.

Terakhir, seminar ditutup dengan pesan dari Bapak Isnan Hidayat. M, Psi kepada para undangan bahwa, “Warisan terbaik dari orang tua kepada anak adalah nilai-nilai pribadi yang positif, termasuk kerja keras. Sehingga bukan perkara ‘apa’ yang diterima anak namun lebih kepada ‘bagaimana’ (kerja keras) orang tua hingga dapat memberikan dan memenuhi keinginan anak”.

 

(Isna Nur Fajria, Mahasiswa KKN-PPM UGM 2019)

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar